Pemahaman aspek psikologis siswa pada institusi pendidikan memiliki kontribusi
yang sangat berarti dalam pengembangan aspek kognitif, afektif dan
psikomotorik. Hal ini sesuai dengan karakteristik siswa yang unik dilihat dari
segi perilaku, kepribadian, sikap, minat motivasi, perhatian, persepsi, daya
pikir, intelegensi, fantasi, dan berbagai aspek psikologis yang berbeda antara
siswa yang satu dengan yang lain.
Tidak
ada dua individu yang sama. Perbedaan karakteristik psikologis siswa harus
dipahami oleh semua guru. Namun kenyataan tidak semua guru dapat memperhatikan
hal tersebut, apalagi guru mata pelajaran yang sering kali dikejar dengan
target kurikulum yang harus dipenuhi.
Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada bidang psikologis meliputi pengembangan
pribadi siswa pada bidang psikologis seperti pemahaman terhadap diri sendiri,
konsep diri, minat, bakat, kemampuan, sikap, sifat dan sebagainya. Pelayanan
ini bertujuan agar siswa lebih memahami dirinya, sehingga dapat berkembang
sesuai dengan potensi yang dimiliki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar