Rabu, 04 Juli 2012

TIPS AGAR ANAK RAJIN BELAJAR

1. Buat si anak terbiasa mengerjakan PR.  Kalau perlu tanya setiap hari apakah  ada PR atau tidak, dan jangan segan-segan untuk menemani anak mengerjakannya. Hal ini akan melatih  keterbiasaan untuk belajar.
2. Sesekali memberikan janji kepada anak bila telah mencapai point tertentu. Misal kalau rangking di kelas aan diberi boneka,dll. Hal itu akan memotivasi anak untuk rajin bekajar dan lama kelamaan akan menjadi kebiasaan untuk si anak.
3. Ciptakan lingkungan belajar di rumah. Misal papa mama membaca koran di dekat si anak,,atau yang lain.

4. Ciptakan suasana yang menyenangkan, seperti mendekor ruang belajar anak dengan tema ceria dan mendukung belajar si anak. Ada lagi yaitu menggunakan alat belajar yang menyenangkan, seperti apikasi sedarhana, games, dll ( Baca Software Belajar untuk Anak ( TK & SD ) )  Jangan memberikan tekanan, ancaman, dan paksaan agar anak belajar
5. Kenali tipe belajar dominan si anak ( pendengar atau penglihat ) dan giring untuk belajar dengan metode yang sesuai dengan tipe belajar si anak.
6. Berikan waktu jeda belajar setiap 20 menit akan membuat belajar lebih efektif. Kaena sesuai penelitian anak bisa berkonsentrasi hanya pada 20 menit awal.
7. Berikan materi belajar yang sesuai dengan perkembangan anak, karena anak akan merasa  jenuh dengan materi yang dianggapnya terlalu mudah dan akan merasa putus asa jika materi belajarnya terlalu sulit. Jadi pintar-pintar saja memilah materi belajar yang sesuai dengan si anak.
8. Memberi pelajaran tambahan untuk anak, baik di sekolah maupun mendatangkan guru les ke rumah. Tapi harus diperhatikan agar pemberian les atau pelajaran tambahan itu jangan sampai membebani anak.
9. Orangtua harus bisa menjalin kerjasama dengan pihak sekolah untuk mengatasi kekurangan sekolah. Misalnya, membantu sekolah untuk meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler sekolahnya. Orangtua jangan hanya menuntut sekolah saja, melainkan berusaha membangun komunikasi dengan sekolah.
Nah ituah beberapa tips yang bisa kita praktekan dirumah untuk meningkatkan semangat belajar anak/adik kita. Selamat mencoba dan semoga anak/adik kita bisa menjadi seseorang yang membanggakan kedua oran tua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar